Sel fagosit berperan penting dalam memangsa benda asing yang masuk ke dalam tubuh, sehingga organel yang paling banyak di dalam sel

Hai, Sahabat Insan Pendidikan! Apakah kamu pernah mendengar tentang sel fagosit? Sel fagosit adalah salah satu jenis sel darah putih yang berperan penting dalam memangsa benda asing yang masuk ke dalam tubuh, seperti bakteri, virus, atau partikel debu. Sel fagosit dapat melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit dengan cara menelan dan menghancurkan benda asing tersebut. Namun, tahukah kamu bahwa sel fagosit memiliki organel yang paling banyak di dalam sel ini? Organel tersebut adalah lisosom. Apa itu lisosom dan apa fungsi dan ciri-cirinya? Yuk, kita cari tahu jawabannya di artikel ini!

Lisosom adalah organel sel yang berbentuk seperti kantong kecil yang berisi enzim-enzim pencernaan. Lisosom disebut juga sebagai “kantong bunuh diri” karena jika pecah, enzim-enzimnya dapat menghancurkan sel itu sendiri. Lisosom dibentuk oleh badan golgi, yaitu organel yang berfungsi untuk mengolah dan mengirim protein dan lipid ke tempat tujuan. Lisosom memiliki fungsi utama sebagai pencernaan intraseluler, yaitu proses penguraian zat-zat di dalam sel menjadi molekul-molekul sederhana.

Lisosom bekerja sama dengan sel fagosit dalam proses fagositosis, yaitu proses penyerapan dan pencernaan benda asing oleh sel. Berikut adalah mekanisme kerja lisosom dalam proses fagositosis:

• Pertama, sel fagosit mengeluarkan membran plasma untuk membungkus benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Benda asing tersebut kemudian terperangkap di dalam vakuola yang disebut fagosom.

• Kedua, lisosom bergerak menuju fagosom dan menyatu dengannya. Hal ini membentuk suatu struktur yang disebut fagolisosom.

• Ketiga, enzim-enzim pencernaan yang terdapat di dalam lisosom mulai bekerja untuk menguraikan benda asing tersebut menjadi molekul-molekul sederhana yang dapat diserap oleh sel.

• Keempat, sisa-sisa benda asing yang tidak dapat dicerna oleh enzim-enzim lisosom akan dibuang keluar dari sel melalui proses eksositosis.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar proses fagositosis berikut ini:

[graphic_art(“proses fagositosis”)]

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui bahwa organel yang paling banyak di dalam sel fagosit adalah lisosom. Lisosom memiliki fungsi penting sebagai pencernaan intraseluler yang membantu sel fagosit menghancurkan benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Lisosom juga memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

• Berbentuk seperti kantong kecil

• Berisi enzim-enzim pencernaan

• Dibentuk oleh badan golgi

• Dapat menyatu dengan vakuola lainnya

• Dapat menghancurkan sel jika pecah

Kesimpulan

Sel fagosit adalah salah satu jenis sel darah putih yang berperan penting dalam memangsa benda asing yang masuk ke dalam tubuh, seperti bakteri, virus, atau partikel debu. Sel fagosit dapat melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit dengan cara menelan dan menghancurkan benda asing tersebut. Sel fagosit memiliki organel yang paling banyak di dalam sel ini, yaitu lisosom. Lisosom adalah organel sel yang berbentuk seperti kantong kecil yang berisi enzim-enzim pencernaan. Lisosom memiliki fungsi utama sebagai pencernaan intraseluler, yaitu proses penguraian zat-zat di dalam sel menjadi molekul-molekul sederhana.

Demikianlah artikel tentang sel fagosit berperan penting dalam memangsa benda asing yang masuk ke dalam tubuh, sehingga organel yang paling banyak di dalam sel ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin belajar tentang biologi. Jika kamu memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca!