organel yang berfungsi aktif pada pembelahan sel dan hanya terdapat pada sel hewan

Hai, Sahabat Insan Pendidikan. Apakah Anda tertarik dengan biologi sel? Biologi sel adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil dari kehidupan. Sel memiliki berbagai organel yang berperan dalam menjalankan aktivitas-aktivitas vital, seperti metabolisme, respirasi, sintesis protein, dan lain-lain. Salah satu aktivitas vital yang penting bagi sel adalah pembelahan sel.

Pembelahan sel adalah proses di mana sel induk membagi diri menjadi dua atau lebih sel anak yang identik atau mirip dengan sel induk. Pembelahan sel dapat terjadi dengan dua cara, yaitu mitosis dan meiosis. Mitosis adalah pembelahan sel yang menghasilkan dua sel anak yang identik dengan sel induk. Meiosis adalah pembelahan sel yang menghasilkan empat sel anak yang berbeda dengan sel induk.

Namun, apakah Anda tahu bahwa ada organel yang berfungsi aktif pada pembelahan sel dan hanya terdapat pada sel hewan? Organel ini adalah sentrosom atau sentriol. Artikel ini akan menjelaskan apa itu sentrosom atau sentriol, bagaimana struktur dan fungsi organel ini, serta contoh-contoh hewan yang memiliki organel ini.

Sentrosom atau Sentriol: Organel yang Berfungsi Aktif pada Pembelahan Sel dan Hanya Terdapat pada Sel Hewan

Sentrosom atau sentriol adalah organel sel yang hanya terdapat pada sel hewan. Sentrosom terdiri dari dua buah sentriol yang berbentuk silinder dan saling tegak lurus. Sentriol terbuat dari sembilan pasang mikrotubulus yang tersusun secara paralel. Mikrotubulus adalah struktur protein berbentuk tabung halus yang merupakan bagian dari sitoskeleton.

Sentrosom atau sentriol berfungsi aktif pada pembelahan sel, khususnya pada tahap metafase. Pada tahap ini, sentrosom akan bergerak ke kutub-kutub sel dan membentuk gelendong pembelahan atau spindel mitosis. Gelendong pembelahan adalah struktur serabut mikrotubulus yang menarik kromosom ke arah kutub-kutub sel. Dengan demikian, sentrosom atau sentriol berperan dalam memisahkan kromosom menjadi dua set yang sama.

Contoh Hewan yang Memiliki Sentrosom atau Sentriol

Berikut adalah 10 contoh hewan yang memiliki sentrosom atau sentriol sebagai organel yang berfungsi aktif pada pembelahan sel:

• Manusia: Manusia merupakan hewan vertebrata yang termasuk dalam kelas mamalia. Manusia memiliki 46 kromosom dalam setiap sel somatiknya. Pada saat pembelahan sel, sentrosom manusia akan membentuk gelendong pembelahan untuk membagi kromosom menjadi dua set yang sama.

• Kucing: Kucing merupakan hewan vertebrata yang termasuk dalam kelas mamalia. Kucing memiliki 38 kromosom dalam setiap sel somatiknya. Pada saat pembelahan sel, sentrosom kucing akan membentuk gelendong pembelahan untuk membagi kromosom menjadi dua set yang sama.

• Ayam: Ayam merupakan hewan vertebrata yang termasuk dalam kelas aves. Ayam memiliki 78 kromosom dalam setiap sel somatiknya. Pada saat pembelahan sel, sentrosom ayam akan membentuk gelendong pembelahan untuk membagi kromosom menjadi dua set yang sama.

• Katak: Katak merupakan hewan vertebrata yang termasuk dalam kelas amphibia. Katak memiliki 26 kromosom dalam setiap sel somatiknya. Pada saat pembelahan sel, sentrosom katak akan membentuk gelendong pembelahan untuk membagi kromosom menjadi dua set yang sama.

• Ikan: Ikan merupakan hewan vertebrata yang termasuk dalam kelas pisces. Ikan memiliki jumlah kromosom yang bervariasi, mulai dari 24 hingga 400 dalam setiap sel somatiknya. Pada saat pembelahan sel, sentrosom ikan akan membentuk gelendong pembelahan untuk membagi kromosom menjadi dua set yang sama.

• Cacing: Cacing merupakan hewan invertebrata yang termasuk dalam filum annelida. Cacing memiliki 36 kromosom dalam setiap sel somatiknya. Pada saat pembelahan sel, sentrosom cacing akan membentuk gelendong pembelahan untuk membagi kromosom menjadi dua set yang sama.

• Kepiting: Kepiting merupakan hewan invertebrata yang termasuk dalam filum arthropoda. Kepiting memiliki 104 kromosom dalam setiap sel somatiknya. Pada saat pembelahan sel, sentrosom kepiting akan membentuk gelendong pembelahan untuk membagi kromosom menjadi dua set yang sama.

• Ulat: Ulat merupakan hewan invertebrata yang termasuk dalam filum arthropoda. Ulat memiliki 56 kromosom dalam setiap sel somatiknya. Pada saat pembelahan sel, sentrosom ulat akan membentuk gelendong pembelahan untuk membagi kromosom menjadi dua set yang sama.

• Siput: Siput merupakan hewan invertebrata yang termasuk dalam filum mollusca. Siput memiliki 24 kromosom dalam setiap sel somatiknya. Pada saat pembelahan sel, sentrosom siput akan membentuk gelendong pembelahan untuk membagi kromosom menjadi dua set yang sama.

• Kerang: Kerang merupakan hewan invertebrata yang termasuk dalam filum mollusca. Kerang memiliki 38 kromosom dalam setiap sel somatiknya. Pada saat pembelahan sel, sentrosom kerang akan membentuk gelendong pembelahan untuk membagi kromosom menjadi dua set yang sama.

Kesimpulan

Dari artikel ini, kita dapat menyimpulkan bahwa sentrosom atau sentriol adalah organel sel yang berfungsi aktif pada pembelahan sel dan hanya terdapat pada sel hewan. Sentrosom terdiri dari dua buah sentriol yang berbentuk silinder dan terbuat dari sembilan pasang mikrotubulus.