Contoh Latihan Soal IPA Kelas 8 Bab Sel

Hai, Sahabat Insan Pendidikan! Apakah Anda sedang mencari soal IPA pilihan ganda dan uraian kelas 8 bab sel? Apakah Anda ingin menguji pemahaman Anda tentang materi sel yang merupakan unit terkecil dari makhluk hidup? Apakah Anda ingin mengetahui jawaban dan pembahasan dari soal-soal tersebut? Jika jawaban Anda ya, maka Anda berada di tempat yang tepat. Di artikel ini, saya akan membahas tentang soal IPA pilihan ganda kelas 8 bab sel beserta jawabannya. Simak terus artikel ini sampai habis untuk mengetahui soal-soalnya.

Sel adalah unit terkecil dari makhluk hidup yang memiliki struktur dan fungsi tertentu. Sel merupakan dasar dari kehidupan, karena semua makhluk hidup tersusun dari sel. Sel juga merupakan tempat berlangsungnya berbagai proses biokimia yang penting bagi kehidupan, seperti metabolisme, respirasi, fotosintesis, sintesis protein, dan lain-lain. Sel memiliki berbagai macam bentuk, ukuran, dan jenis, tergantung pada spesies dan fungsi makhluk hidup yang bersangkutan.

Mempelajari sel adalah salah satu materi penting dalam pelajaran IPA kelas 8. Dengan mempelajari sel, kita bisa mengetahui struktur dan fungsi dari berbagai organel sel, seperti membran sel, sitoplasma, inti sel, mitokondria, kloroplas, ribosom, lisosom, dan lain-lain. Kita juga bisa mengetahui perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan, serta antara sel prokariotik dan sel eukariotik. Kita juga bisa mengetahui cara mengamati sel dengan menggunakan mikroskop dan cara menghitung pembesaran mikroskop.

Untuk menguji pemahaman kita tentang materi sel, kita bisa mencoba mengerjakan soal-soal IPA pilihan ganda dan uraian kelas 8 bab sel. Soal-soal ini akan menguji kemampuan kita dalam mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi konsep-konsep tentang sel. Soal-soal ini juga akan membantu kita dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, atau ujian nasional.

Berikut ini adalah contoh soal IPA pilihan ganda kelas 8 bab sel beserta jawabannya:

Soal Pilihan Ganda

Sel adalah ….
A. Unit terbesar dari makhluk hidup
B. Unit terkecil dari makhluk hidup
C. Unit terpanjang dari makhluk hidup
D. Unit tersingkat dari makhluk hidup

Jawaban: B

Pembahasan: Sel adalah unit terkecil dari makhluk hidup yang memiliki struktur dan fungsi tertentu.

Berikut ini yang bukan merupakan organel sel adalah ….
A. Membran sel
B. Sitoplasma
C. Inti sel
D. Kromosom

Jawaban: D

Pembahasan: Kromosom adalah struktur yang terdapat di dalam inti sel yang mengandung materi genetik (DNA). Kromosom bukan merupakan organel sel karena tidak memiliki membran sendiri.

Organel sel yang berfungsi sebagai tempat berlangsungnya respirasi atau pernapasan sel adalah ….
A. Mitokondria
B. Kloroplas
C. Ribosom
D. Lisosom

Jawaban: A

Pembahasan: Mitokondria adalah organel sel yang berbentuk seperti kacang atau sosis yang memiliki membran ganda. Mitokondria berfungsi sebagai tempat berlangsungnya respirasi atau pernapasan sel, yaitu proses penguraian glukosa menjadi energi (ATP) dengan bantuan oksigen.

Organel sel yang hanya dimiliki oleh sel tumbuhan adalah ….
A. Membran sel
B. Sitoplasma
C. Inti sel
D. Kloroplas

Jawaban: D

Pembahasan: Kloroplas adalah organel sel yang berbentuk seperti koin atau cakram yang memiliki membran ganda dan mengandung pigmen hijau (klorofil). Kloroplas hanya dimiliki oleh sel tumbuhan dan berfungsi sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis, yaitu proses pembuatan glukosa dari air dan karbon dioksida dengan bantuan cahaya matahari.

Organel sel yang berfungsi sebagai tempat sintesis protein adalah ….
A. Mitokondria
B. Kloroplas
C. Ribosom
D. Lisosom

Jawaban: C

Pembahasan: Ribosom adalah organel sel yang berbentuk seperti butiran atau granula yang tersebar di sitoplasma atau menempel pada retikulum endoplasma. Ribosom berfungsi sebagai tempat sintesis protein, yaitu proses pembentukan rantai asam amino dari informasi genetik (RNA).

Organel sel yang berfungsi sebagai tempat pencernaan intraseluler adalah ….
A. Mitokondria
B. Kloroplas
C. Ribosom
D. Lisosom

Jawaban: D

Pembahasan: Lisosom adalah organel sel yang berbentuk seperti kantong atau vesikel yang mengandung enzim-enzim pencernaan. Lisosom berfungsi sebagai tempat pencernaan intraseluler, yaitu proses penguraian molekul-molekul besar menjadi molekul-molekul kecil yang bisa diserap oleh sel.

Bagian dari membran sel yang bersifat hidrofobik adalah ….
A. Kepala fosfolipid
B. Ekor fosfolipid
C. Protein integral
D. Protein perifer

Jawaban: B

Pembahasan: Membran sel tersusun dari lapisan ganda fosfolipid dan protein. Fosfolipid memiliki dua bagian, yaitu kepala dan ekor. Kepala fosfolipid bersifat hidrofilik, yaitu suka air dan menghadap ke luar dan ke dalam sel. Ekor fosfolipid bersifat hidrofobik, yaitu tidak suka air dan menghadap ke tengah membran.

Bagian dari membran sel yang berfungsi sebagai pengangkut zat-zat tertentu melalui membran adalah ….
A. Kepala fosfolipid
B. Ekor fosfolipid
C. Protein integral
D. Protein perifer

Jawaban: C

Pembahasan: Protein integral adalah protein yang menembus atau melewati lapisan ganda fosfolipid pada membran sel. Protein integral berfungsi sebagai pengangkut zat-zat tertentu melalui membran, seperti ion, glukosa, asam amino, dan lain-lain.

Bagian dari inti sel yang berfungsi sebagai tempat transkripsi DNA menjadi RNA adalah ….
A. Nukleus
B. Nukleoplasma
C. Nukleolus
D. Kromatin

Jawaban: B

Pembahasan: Nukleoplasma adalah cairan kental yang mengisi ruang di dalam inti sel. Nukleoplasma berfungsi sebagai tempat transkripsi DNA menjadi RNA, yaitu proses pembacaan informasi genetik (DNA) menjadi salinan (RNA).

Bagian dari inti sel yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan materi genetik (DNA) adalah ….
A. Nukleus
B. Nukleoplasma
C. Nukleolus
D. Kromatin

Jawaban: D

Pembahasan: Kromatin adalah bentuk DNA yang tidak terkondensasi atau terurai menjadi benang-benang halus yang tersebar di dalam nukleoplasma. Kromatin berfungsi sebagai tempat penyimpanan materi genetik (DNA) yang mengandung informasi tentang ciri-ciri makhluk hidup.